Wednesday, October 03, 2007

Babat Gongso


Tinggal di Semarang (walaupun hanya setahun) membuatku kenal kekayaan kuliner setempat. Babat Gongso ini salah satu andalannya. Rasanya manis. Berhubung aku asli Jawa Timur yg memang kebanyakan suka pedas, aku tambahkanlah banyak cabe tiap kali aku masak yg satu ini. Air kelapa juga aku ganti dengan gula pasir dan cuka, kalo ini sih ga ada hubungannya dengan daerah asalku...hehehe...ini karena di Riyadh aku belum nemu penjual air kelapa :-). Ini foto alakadarnya, ga sempet ditaruh di piring, krn mau dibawa buka bareng di gurun ;-)

Bahan :

500 gr babat bersih.
2 helai daun salam
5 lbr daun jeruk
2 bh cabe merah, iris2
1 ptg jahe, iris2 tipis
3 sdm kecap bango
1 sdt gula merah
1/2 sdt cuka + 1/4 sdt garam + 1/2 sdt gula pasir, campur jadi satu
500 ml air

Bumbu halus :

8 btr bawang merah
5 siung bawang putih
5 btr kemiri, sangrai
1/2 sdt terasi, sangrai
2 bh cabe merah
10 bh cabe rawit
1 sdt garam

Cara membuat :

1. Rebus babat sampai mendidih, buang airnya. Ulangi 3 kali lagi, yg terakhir tambahkan potongan jahe. Setelah mendidih, angkat, buang air & jahe, potong2.
2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan cabe merah iris sampai harum
3. Tambahkan kecap dan campuran cuka, didihkan
4. Masukkan babat, aduk sampai tercampur rata
5. Tambahkan air. Masak sampai mendidih dan air terserap.

Labels:

2 Comments:

At 5:05 AM , Blogger raisa said...

Sayang Hen! saya gak suka babat... kalau diganti dengan daging bisa gak? Thanks :)

 
At 8:44 AM , Blogger Henny K Teguh said...

Bisa aja Mba, ayam juga enak dimasak Gongso.. Ok, met nyoba yah :)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home