Tuesday, July 10, 2007

Klepon


Ceritanya lagi kangen dengan kleponnya 'Wak Sup' deket rumah ibu, doyanan sejak kecil dulu. Di Riyadh sebenernya ada sih yg jual, tapi harus pesen dulu. Lha kalo cuma aku yg pengen, yg paling2 10-15 butir udah puas, masa iya kudu pesen dulu...udah gitu pengennya hari ini, baru bisa makannya besok ato lusa, alah ribet banget yah...bikin sendiri ternyata bisa n gampang lho..

Bahan :

300 gr tepung ketan
250 ml air hangat
1/2 sdm air kapur
1/2 sdt garam
beberapa tetes pasta pandan
gula merah, cincang halus
kelapa parut, beri sedikit garam, kukus sebentar

Cara membuat :

1. Siapkan air utk merebus klepon
2. Campur tepung ketan dengan garam.
3. Beri air hangat, uleni sebentar. Beri pasta pandan dan air kapur.
4. Uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
5. Ambil satu sendok adonan, pulung2, isi dgn gula merah, bulatkan.
6. Cemplungin di air yg mendidih.
7. Jika sudah mengapung, berarti klepon matang, angkat, gulingkan di kelapa parut.

Labels:

4 Comments:

At 12:56 PM , Blogger Dwiana P said...

hello Mbak. ini dwi dr mp hehehe bener2 nih klepon menggoda!! some day I have to make. ntar kalau dah dibuat aku kasih kabar deh.
anyway aku link di blogspot ku yah.

 
At 8:01 AM , Blogger Henny K Teguh said...

wah, sori nih aku baru tau ada dwi namu heheh..abis gak kayak mp sih yah, kalo ada reply langsung ketauan... Monggo aja kalo mo ngelink, aku juga mo namu ke dwi ah..aku link juga yah...thks

 
At 4:12 PM , Blogger lyan_id said...

salam kenal...kalo gak pake air kapur sirih bisa gak ya?gak punya soalnya

 
At 5:44 AM , Blogger Henny K Teguh said...

halo Iyan...maaf baru reply nih, baru tau soale :)
Kalo ga pake air kapur sirih, bisa2 aja sih, tapi kleponnya jadi lembek, ga keras...

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home